Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memotivasi Korban Banjir, Bupati dan Warga Kerja Bakti Bersama

Kompas.com - 03/02/2014, 06:57 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

MAMUJU UTARA, KOMPAS.com - Untuk memotivasi warga korban banjir bandang beberapa pekan lalu di Mamuju Utara, Sulawesi Barat, Bupati Mamuju Utara Agus Ambo Djiwa menggelar kerja bakti bersama warga di sejumlah lokasi, Minggu (2/2/2014).

"Ini merupakan bentuk motivasi terhadap warga korban banjir bandang di tiga desa di Mamuju Utara agar mereka bisa segera bangkit dari bencana," kata Agus. Melalui program "desa sejahtera mandiri dan bermartabat", Bupati dan sejumlah SKPD turun bersama warga membersihkan selokan dan pemukiman warga yang tertimbun sampah dan lumpur banjir.

Sejumlah peralatan dari Pemda Mamuju Utara dikerahkan, selain mengandalkan tenaga manual masyarakat untuk membersihkan drainase yang tersumbat. Selain kerja bakti membersihkan desa warga juga menggelar gerakan menanam pohon eboni di lokasi banjir.

Desa Sarude, salah satu desa yang paling parah terkena terjangan banjir bandang beberapa waktu lalu, mengalami kerusakan jalan, sungai, dan gorong-gorong. Jalan poros trans sulawesi yang berlubang dan gorong gorong yang rusak akibat banjir ini, kata Agus, akan menjadi prioritas utama perbaikan dari pemerintahannya.

“Saya apresiasi positif semangat warga korban banjir. Mereka tegas dan bangkit kembali membenahi kampung halaman mereka dan tidak larut daladuka,” ujar Agus. Dia berharap gerakan menanam pohon terus berlanjut untuk mencegah banjir datang lagi.

Agus berharap masyarakat menjaga lingkungan, termasuk tidak membuang sampah sembarangan. Gerakan menanam pohon juga diharapkan amenbangun kesadaran lingkungan di tengah warga untuk menagkal banjir bersama-sama semua pihak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com