Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Aktivis GMKI Jadi Korban Awan Panas Sinabung

Kompas.com - 01/02/2014, 22:12 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis


PEMATANG SIANTAR, KOMPAS.com
- Tujuh dari empat belas orang korban tewas akibat awan panas erupsi Gunung Sinabung, Kabanjahe, Sumatera Utara, Sabtu (1/2/2013), merupakan aktivis Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Kutacane, Sumatera Utara.

Mereka adalah Fitri Napitupulu (Ketua Cabang GMKI Kutacane), Marudut Sihite (Sekretaris Cabang GMKI Kutacane), Santun Siregar, Julfandi Siregar, Daniel, Simson dan seorang lagi merupakan pengurus GMKI Cabang Kabanjahe, Mahal Surbakti.

"Ketujuh korban merupakan aktivis GMKI. Saat kejadian, mereka tengah mengabdikan dirinya bagi masyarkat korban letusan Gunung Sinabung dengan menjadi relawan," kata Gunawan Siringo-ringo, aktifis GMKI di Pematangsiantar, Sumatera Utara, Sabtu (1/2/2014) malam.

"GMKI sangat berduka, karena rekan-rekan kami harus kembali ke rumah Bapa di Sorga dalam tugas sebagai relawan," katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara Asren Nasution mengatakan, korban tewas akibat awan panas erupsi Gunung Sinabung, Kabanjahe, Sumatera Utara, Sabtu (1/2/2014), berjumlah 14 orang. Hal itu dikatakan Asren dalam wawancara dengan Metro TV, Sabtu malam. Para korban ditemukan di Desa Sukameriah.

"Ada 14 korban. Keempatbelas jenazah di rumah sakit Kabanjahe. Satu orang sudah dijemput keluarga," kata Asren.

Sementara itu, kata Asren, selain korban tewas, ada tiga orang korban luka yang masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Evarina Etaham Kabanjahe. Tiga korban luka itu adalah Sehat Sembiring (48), Surya Sembiring (21), dan Doni Sembiring (65).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com