Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Matinya Komodo di KBS

Kompas.com - 01/02/2014, 20:53 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Satu lagi hewan peliharaan Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang mati, yakni komodo. Meski masih dalam penyelidikan, penjaga komodo di KBS, Suraji, menuturkan kronologi matinya hewan purba tersebut.

Menurut Suraji, pada Sabtu (1/2/2014) pagi, sekira pukul 07.30, dia memberi makan komodo-komodo di kebun binatang tersebut.

"Hari ini jadwalnya makan ayam. Tapi, pas ayam saya lempar ke dalam kandang, komodo tersebut tidak mendekat sama sekali. Padahal komodo-komodo lainnya langsung mendekat," kisah Suraji.

Kemudian, pukul 10.30, dia kembali melemparkan ayam ke kandang nomor 5 tempat reptil tersebut. Lagi-lagi, komodo ini sama sekali tak bereaksi. Beda dengan enam komodo lain di kandang itu yang langsung berkerumun menyantap makanan.

"Kemudian, saya melapor ke pimpinan. Dan setelah itu, saya periksa lagi komodo ini. Terlihat lemas dan matanya juga tertutup," ungkapnya.

"Lalu, saya pegang ekornya. Komodo itu sama sekali tidak bergerak. Dan ternyata sudah mati," tambahnya.

Mengetahui itu, dia langsung melapor ke pimpinan. Lalu peristiwa ini dilaporkan ke Polrestabes Surabaya. Tak beberapa lama, sejumlah petugas identifikasi tiba di lokasi kejadian untuk memeriksa komodo yang masih berada di kandangnya tersebut.

Hingga saat ini, polisi masih melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian untuk mengetahui penyebab tewasnya kadal raksasa itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com