Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Pemalang Pancing Lele di Lokasi Banjir

Kompas.com - 28/01/2014, 21:33 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis


PEMALANG, KOMPAS.com  - Puluhan warga Desa Mojo, Ulujami, Pemalang, Jawa Tengah, memadati area persawahan yang ikut terendam banjir. Mereka tampak berjajar memancing ikan di sawah yang terendam banjir karena luapan sungai Comal.
 
Bukan tanpa sebab, pasalnya, hasil pancingannya yaitu ikan lele cukup besar, bahkan ada yang mencapai setengah kilogram per ekor. Angga (17), salah seorang warga setempat menjelaskan, kemungkinan besar ikan lele berasal dari tambak milik warga yang lepas karena tersapu banjir dan masuk ke area persawahan.
 
"Memang di sini sawah yang ditanami padi. Cuma tadi ada orang yang mencoba memancing mendapatkan lele, terus ya pada ikut-ikutan," tutur Angga.
 
Warga sendiri rata-rata hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk mendapatkan ikan lele dari hasil meletakkan alat pancing ke air di area persawahan. Mereka umumnya mendadak membeli alat pancing setelah mengetahui banyak ikan lele yang ada di area persawahan.
 
"Umpannya cacing tanah saja, itu menurut saya lebih cepat dapat ikan dibanding pakai pelet," Angga menambahkan.
 
Dari pantauan Kompas.com, hingga Selasa (28/1/2014) sore, warga terus berdatangan memadati area persawahan yang dijadikan tempat pemancingan dadakan. Bahkan, adapula yang membawa jaring untuk mendapatkan ikan lele tersebut di lahan padi.
 
Menanggapi banyaknya tambak dan sawah yang terendam, Bupati Pemalang, Ahmad Junaedi mengatakan, akan menginventarisasi petani dan nelayan korban banjir untuk diberi bantuan. Namun hingga kini, pihaknya mengupayakan bantuan untuk warga korban banjir terlebih dahulu.
 
"Sebenarnya ada atau tidak ada bencana kita sudah sering memberikan bantuan, nantinya kerugian bencana akan dilaporkan ke pimpinan negara," jelas Junaedi.
 
Pemerintah Kabupaten Pemalang mempunyai dana tanggap darurat bencana sebesar 1,5 Milyar.  
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com