Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperkosa 15 orang, Uang Damai Rp 2 Juta

Kompas.com - 28/01/2014, 08:44 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Setelah berusaha panjang, Nasrul dan beberapa warga di Desa Bau, Kelurahan Gunungsari, Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur, mampu membuat gadis korban perkosaan berbicara.

Menurut cerita Nasrul, berdasarkan keterangan korban, gadis berusia 14 tahun ini diperkosa beramai-ramai di dua tempat berbeda, hanya berselang beberapa hari.

"Kejadian pertama, korban diajak oleh teman lelakinya di satu rumah di Desa PP Brawijaya, Lampung Timur. Ternyata di dalam rumah itu sudah ada pemuda sekitar 15 orang untuk menggilirnya," tutur Nasrul.

Korban diberi minuman hingga mabuk dan diancam akan dibunuh jika tidak melayani mereka. Karena tak ada perlawanan apa pun dari korban, apalagi dia bungkam, korban dipanggil lagi ke tempat berbeda, ke sebuah lapangan di Desa Purwosari, Lampung Timur.

"Dia diperkosa oleh empat pemuda dengan perlakuan yang sama seperti kejadian pertama," kata Nasrul.

Atas permasalahan itu, ia dan beberapa warga lain bersepakat menyampaikan perkara pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur ini kepada Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Lampung Timur.

"Tapi di tengah jalan, saya ditelepon supaya menemui salah satu anggota dewan dari PDI-P yang katanya bisa membantu penyelesaian persoalan ini," kata Nasrul.

Korban tanpa didampingi keluarga inti bertemu dengan sejumlah pelaku yang didampingi keluarganya dalam sebuah perundingan.

Uang damai
Nasrul mengatakan, telah terjadi kesepakatan sepihak. "Melalui tangan anggota dewan, korban diberi uang senilai Rp 2 juta untuk biaya pengobatan, lalu korban dibawa ke Bandar Lampung," terang dia.

Beberapa hari kemudian korban menelepon Kriting, warga yang rumahnya disinggahi korban ketika sakit parah. "Korban mengaku dibawa ke Bandar Lampung oleh anggota dewan itu selama dua hari. Ia merasa tidak betah dan minta pulang," kata Nasrul lagi.

Menurut pengakuan korban pula, kata Nasrul, selama di Bandar Lampung, korban tidak diobati. Bahkan, anak belia itu mengaku diajak memakai sabu oleh anggota dewan tersebut. (Bersambung)

Baca juga:
Gadis 14 Tahun Diperkosa 12 Orang, 1 Pelaku Anggota DPRD
Gadis Korban Perkosaan 15 Orang, Seminggu Menghilang


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com