Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Kendal Usul Pelabuhan Tanjung Mas Dipindahkan ke Kendal

Kompas.com - 27/01/2014, 18:44 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com - Bupati Kendal, Jawa Tengah, Widya Kandi Susanti mengusulkan kepada Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian Indonesia, Hatta Rajasa agar pelabuhan Tanjung Mas Semarang dipindah di Kaliwungu, Kendal. Sebab pelabuhan Tanjung Mas di Semarang sudah kebanjiran dan tidak nyaman lagi untuk penumpang.

“Saya usul kepada pak Menteri (Menkokesra) supaya pelabuhan Tanjung Mas dipindah ke Kaliwungu. Pelabuhan Tanjung Mas di semarang sudah kebanjiran,” kata Widya dalam sambutannya di acara tutup tanam tanaman tahun 2013 dan pelihara pohon, Senin (27/1) di Darupono, Kaliwungu Selatan, Kendal. Kegiatan itu dihadiri Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa dan Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan.

Pada kesempatan itu, Widya juga mengatakan, tidak hanya pelabuhan Tanjung Mas, stasiun kereta api Tawang saat ini juga sering kebanjiran. Kaliwungu juga siap apabila stasiun Tawang dipindah ke Kaliwungu. Sebab di Kaliwungu sudah dibangun pelabuhan dan juga sudah ada stasiun kereta api. Daerah tersebut bebas dari banjir.

“Pelabuhan sebentar lagi sudah jadi. Saat ini tinggal menyelesaikan pembangunan jalan dan pemecah ombak,” tambahnya.

Widya menjelaskan, sebenarnya di pelabuhan Kaliwungu sudah dibangun batas pemecah ombak, namun belum sempurna. Untuk menyempurnakannya masih butuh dana ratusan miliar rupiah.

“Jalan masuk ke pelabuhan dari jalan lingkar juga sudah dibangun satu jalur. Sekarang tinggal 1,7 kilometer. Diharapkan tahun ini selesai, sehingga pada tahun 2015, pelabuhan Kaliwungu sudah bisa beroperasi,” harapnya.

Sementara itu, Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan bahwa pihaknya masih perlu melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait usulan bupati Kendal untuk memindahkan pelabuhan Tanjung Mas dan stasiun Tawang ke Kaliwungu, Kendal. Namun begitu, pihaknya sangat mendukung dengan adanya pembangunan pelabuhan Kaliwungu. Pasalnya, pelabuhan itu bisa meningkatkan perekonomian daerah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com