Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kudus dan Pati Terisolasi Banjir, Pertamina Gagal Kirim BBM

Kompas.com - 23/01/2014, 15:05 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) Unit Pemasaran IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengakui telah gagal memasok bahan bakar minyak (BBM) ke  Kabupaten Kudus dan Pati karena dua daerah tersebut sudah terisolasi.

Assistant Manager External Relation Pertamina Marketing Operation Region IV Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta Roberth Marchelino Verieza Dumatubun di Semarang, menjelaskan, sebenarnya Pertamina sudah mengupayakan sejumlah cara untuk mengirimkan BBM di dua daerah tersebut tetapi gagal.

"Awalnya akan disuplai dari Pengapon, Semarang. Akan tetapi karena banjir tidak bisa. Kemudian diupayakan pasokan dari Tuban, Jawa Timur, tetapi karena ada akses yang longsor dan jalan terputus, sehingga pasokan juga tidak dapat dilakukan," katanya, Kamis (23/1/2014)

Pertamina, lanjut Roberth, akan memasok BBM ke SPBU yang masih dapat dijangkau mobil tangki dan menjaga suplai tetap aman.

Untuk memenuhi kebutuhan genset dan perahu motor, maka pembelian BBM dapat dilakukan dengan menggunakan jeriken. Namun cara itu tetap harus sesuai prosedur yakni disertai surat keterangan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat.

"Kewenangan pembelian BBM dengan menggunakan derigen ada di tangan pemerintah daerah setempat, sehingga bisa saja masyarakat mengajukan surat keterangan untuk kebutuhan genset kepada SKPD terkait," katanya.

Roberth menegaskan bahwa saat ini Pertamina terus melakukan pemantauan dan akan kembali melakukan pasokan begitu memungkinkan.

"Kalau ketinggian air 50 sentimeter hingga 70 sentimeter, masih memungkinkan untuk memaksakan mobil tangki tetapi jalan dan kami akan terus menjagai suplai BBM di SPBU di daerah terdekat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com