Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tanah Longsor di Kudus Ditemukan Selamat

Kompas.com - 22/01/2014, 18:16 WIB

KUDUS, KOMPAS.com - Satu dari 11 korban tanah longsor di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, ditemukan dalam kondisi masih hidup.

Menurut Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Gebog, Ahsinanto, di Kudus, Rabu (22/1/2014), korban tanah longsor yang ada di Dukuh Kambangan, Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kudus, yang ditemukan berada di dalam rumah yang tertimbun longsoran.

Korban selamat tersebut, teridentifikasi bernama Karmuji (50). Akan tetapi, lanjut dia, korban belum bisa dievakuasi, karena masih ada beberapa kendala, menyusul kondisi tanah longsoran yang basah.

Selain itu, kata dia, proses pencarian juga tidak bisa dilakukan secara asal dan harus memperhatikan kondisi tanah longsoran agar tidak jatuh korban saat evakuasi.

Hingga pukul 17.00 WIB, katanya, tim evakuasi masih berupaya mengangkat korban dari dalam rumah yang tertimbun longsoran tersebut.

Tim evakuasi korban longsor, yakni dari TNI, Polri dan SAR Nasional yang baru saja datang ke lokasi kejadian tanah longsor.

Sementara itu nasib istri Karmuji yang bernama Istiqomah (40), belum diketahui, karena hingga kini proses evakuasi masih berlangsung.

Korban yang ditemukan masih hidup tersebut, katanya, warga yang tinggal di RT 2 RW 6.

Pada Rabu pagi, kata dia, satu korban bernama Sulasmi (50) berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal dan sudah dimakamkan di pemakaman umum yang ada di desa setempat.

Dengan adanya tambahan korban yang ditemukan, maka korban tanah longsor yang belum diketahui nasibnya berjumlah 10 orang.

Sebanyak 10 korban tersebut, yakni Mursidi (45) dan istrinya Ismawati (36), dan anaknya Muhamad Iwan (8), serta neneknya bernama Rukmi (60), serta Asrori (43) dan istrinya Yanti (38) dan anaknya Ulfa (12). Korban lainnya, yakni Suwondo (55) dan istrinya Srikah (51).

Peristiwa bencana tanah longsor di Dukuh Kambangan, Desa Menawan, Kecamatan Gebog, terjadi pada Selasa (21/1/2014) malam sekitar pukul 00.00 WIB.

Bencana tanah longsor di desa setempat terjadi di tiga titik, dengan jumlah rumah rusak total sebanyak sembilan rumah dan rusak antara 30--40 persen sekitar sembilan rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com