Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu "Baku Jaga" dari Ungu Populer di Pengungsian

Kompas.com - 20/01/2014, 09:04 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Grup band Ungu, yang diawaki Pasha, Enda, Makki, Roman, dan Onci, membuat lagu khusus untuk menghibur korban banjir dan longsor di Sulawesi Utara. Lagu yang berjudul "Baku Jaga", #UNGUforManado, kemudian diunggah ke jejaring Youtube.

Lagu yang mengajak warga Manado baku jaga (saling menjaga) itu sontak menjadi populer di Manado.

Warga yang menjadi korban terlihat terus memainkan lagu tersebut. "Terima kasih buat Ungu atas kepeduliannya. Kami jadi terhibur menghadapi semuanya," ujar Saman, warga Tikala, Senin (20/1/2014).

Lagu itu juga diputar oleh sopir angkutan kota, dan banyak membuat terharu penumpang. Dalam syairnya, Ungu mengajak warga Manado untuk terus tabah, kuat, dan percaya bahwa semua cobaan itu datangnya dari Tuhan.

Bukan hanya mencipta lagu, Ungu juga melakukan penggalangan dana dalam program Bantuan Kasih Ungu (Basuh). "Semoga ini bisa menggerakkan hati kita untuk lebih merangkul dan memperhatikan saudara-saudara kita yang berdomisili di daerah-daerah jauh dari Ibu Kota," tulis Ungu di Youtube.

Salah satu personel Ungu, Enda, besar di Kota Manado. Enda merupakan lulusan SMA Negeri 6 Manado. Keluarganya hingga kini masih tinggal di Kelurahan Perkamil yang juga tak luput dari terjangan banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com