Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.000 Ha Tanaman Padi di Kendal Terendam Banjir

Kompas.com - 19/01/2014, 16:36 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com - Sekitar 1.000 hektar tanaman padi di Kabupaten Kendal Jawa Tengah terendam banjir. Tanaman padi itu, berusia sekitar 1 minggu hingga 1 bulan.

Menurut keterangan kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Kendal, Sri Purwanti, tanaman padi yang tergenang banjir tersebar dibe berapa kecamatan yang ada di Kabupaten Kendal, mulai Brangsong hingga Weleri.

“Kalau kecamatan yang banjir, ada di kecamatan Kendal, Patebon, Ngampel dan Cepiring. Tapi sawah yang tergenang air, tidak hanya berada di 4 kecamatan itu, tetapi juga kecamatan lain,” kata Purwati, Minggu (19/01/2014).

Purwati menjelaskan, saat ini pihaknya belum tahu, apakah tanaman padi yang terendam air itu, mati atau tidak. Sebab airnya masih tinggi dan hujan masih turun. Sehingga, masih perlu menunggu surutnya. “Nanti setelah air surut, akan kami data berapa tanaman padi yang mati,” aku Purwati.

Purwati menambahkan, selain tanaman padi, ada beberapa tanaman sayuran yang juga kebanjiran. Namun secara pasti pihaknya belum mengetahui, berapa hektar tanaman sayuran yang tenggelam. Untuk itu, pihaknya secepat mungkin, akan melakukan pendataan.

“Kami belum melakukan pendataan secara keseluruhan. Sehingga belum tahu pasti berapa hektar tanaman sayur yang yang kebanjiran,” jelasnya.

Purwati mengaku, saat ini pihaknya belum tahu, apakah ada bantuan bibit padi, bagi petani yang tanaman padinya mati karena banjir. “Yang jelas kami masih menunggu surut. Apakah tanaman padi yang kebanjiran itu, mati atau tidak,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com