Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat yang Jatuh di Tual Bukan Milik TNI

Kompas.com - 19/01/2014, 13:21 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Pangdam XVI Pattimura, Mayjen Eko Wiratmoko membantah jika pesawat yang jatuh di Desa Taar, Kecamatan Dula Selatan, Kota Tual, Maluku adalah milik TNI.

Pernyataan ini disampaikan menyusul adanya informasi yang beredar luas jika pesawat yang jatuh itu milik TNI. "Tidak ada pesawat TNI yang jatuh di Tual. Saya sudah cek ke Tual, tapi tidak ada,” kata Eko kepada wartawan, Minggu (19/1/2014).

Sebelumnya ramai dikabarkan bahwa pesawat yang jatuh di Tual tersebut milik TNI. Ada sejumlah informasi juga yang menyebutkan jika pesawat yang jatuh tersebut berjenis Nomed milik Angkatan Udara. Eko menegaskan bahwa pesawat Cassa milik TNI saat ini masih berada di Ambon dan tidak beroperasi.

“Saya sudah hubungi Dandim di sana, tapi tidak ada pesawat TNI yang jatuh. Pesawat Cassa milik Kodam Pattimura ada di sini,” ujarnya lagi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pesawat jenis Pilatus dengan nomor PK-IWT dilaporkan jatuh di Desa Taar, Kecamatan Dula Selatan, Kota Tual, Maluku Minggu (19/1/2014) sekitar pukul 12.30 WIT. Saat terjatuh, pesawat itu langsung meledak.

Menurut Kapolres Maluku Tenggara, AKBP Irot Riki Laurent, empat orang termasuk pilot dan copilot tewas dalam kecelakaan itu. "Ada empat orang penumpang termasuk pilot dan co-pilot yang tewas. Kita belum dapat identitasnya nanti tunggu sebentar,” kata AKBP Irot Riki Laurent.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com