Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Bangkeng Parang Longsor, Gowa-Makassar Terputus

Kompas.com - 16/01/2014, 21:10 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

GOWA, KOMPAS.com - Diguyur hujan deras selama tiga hari, sisi Gunung Bangkeng Parang di Dusun Balingang, Desa Ulu Jangang, Kecamatan Botolempangan, Kabupaten Gowa longsong. Akibatnya, akses jalan Kabupaten Gowa ke Kota Makassar terputus.

Camat Bontolempangan, Sadar Ahdar yang dikonfirmasi, Kamis (16/1/2014) mengatakan, longsor yang terjadi, Rabu (15/1/2014), material longsoran Gunung Bangkeng Parang setinggi 6 meter, lebar 6 meter, sepanjang 30 meter ini menutup akses jalan poros Kecamatan Botolempangan yang menghubungkan Kecamatan Biring Bulu. Dua Kecamatan itu terletak di Kabupaten Gowa yang dilalui warga menuju ke Kota Makassar.

"Sementara ini perjalanan warga hendak melintas terpaksa dialihkan ke jalur lain yang memutar. Warga atau kendaraan yang datang dari arah Biring Bulu ke Botolempangan dialihan ke daerah Malakaji. Sementara yang hendak melintas dari Biring Bulu ke Makassar dialihkan menuju jalan poros Kabupaten Takalar," katanya.

Sadar menambahkan, pihak Pemerintah Kabupaten Gowa telah menyiapkan satu unit alat berat berupa Loader atau alat pengeruk dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk memindahkan material longsor. Namun pengerukan belum dilakukan karena curah hujan masih tinggi.

"Cuaca belum memungkinkan, jadi operatornya kita minta menunda dulu karena dikhawatirkan terjadi longsoran susulan yang membahayakan operator. Rencananya pengerukan material longsor ini besok, Jumat (17/1/2014). Itupun masih lihat kondisi cuaca," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com