Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarum di Betis Bocah Parepare Dikira karena Santet

Kompas.com - 10/01/2014, 18:03 WIB
Kontributor Pare-Pare, Darwiaty Ambo Dalle

Penulis


PAREPARE, KOMPAS.com - Muhammad Zakirullah, bocah dua tahun asal Uloe, Desa Botto, Kecamatan Pituriase, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, yang di betisnya bersarang jarum 3 centimeter, sempat dibawa ke dukun setempat. Orangtuanya mengira Zakirullah disantet orang.

"Saya sempat 5 kali membawa anak kami ke dukun. Kami kira diguna-guna atau keseleo. Tapi karena tidak ada perubahan, akhirnya kami mengikuti saran keluarga untuk memeriksakan ke dokter," papar La Bolong, ayah dari Zakirullah, Jumat (10/1/2014).

Zakirullah sendiri baru diketahui oleh orangtuanya mengalami keanehan karena bocah ini berjalan dengan cara jinjit. Ernawati, ibu korban mengatakan, tidak seperti biasa, bocah tersebut berjalan tertatih.

"Zakirullah kesakitan kalau betis kanannya disentuh. Itulah kenapa kami bawa ke dukun. Tapi setelah ada hasil rontgen, baru kami setuju agar anak kami dioperasi," jelasnya.

Sementara itu, dr Kamaruddin, ketua tim operasi RSUD Andi Makkasau mengatakan, pihaknya tidak kesulitan melakukan operasi pengangkatan benda asing yang diduga jarum pentul, dari betis bocah tersebut.

"Dari iris sampai mengangkatan jarum, kami lakukan selama 3 menit. Hanya saja kami belum tahu persis, alur masuk jarum tersebut, karena sangat halus," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com