Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Korban Tanker Meledak Dihentikan

Kompas.com - 10/01/2014, 01:09 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

SITARO, KOMPAS.com — Pencarian satu anak buah kapal (ABK) MT Sumber Mutiara IX dihentikan, Kamis (9/1/2014). Satu ABK lain sudah ditemukan tewas akibat terbakarnya kapal tanker itu pada Sabtu (4/1/2014).

"Iya, pencarian kami hentikan. Keluarga korban sudah merelakan," kata Kepala Seksi Operasi Badan SAR (Basarnas) Manado Danang P, Kamis. Satu ABK yang belum ditemukan adalah Yance Manopode.

Keluarga Yance yang datang dari Jakarta, Kamis, menggelar doa bersama di dermaga, di samping bangkai kapal yang karam. "Kami berharap dia (Yance) bisa ditemukan. Tetapi kalau Tuhan menghendaki lain, kami pasrah dan rela," ujar Damaris Lumente, kakak ipar Yance.

Danang mengatakan, upaya pencarian selama enam hari sudah termasuk penyelaman. Yance diduga terjebak di dalam kapal yang kini terbalik dan tenggelam.

Tanker MT Sumber Mutiara IX memuat 700 kiloliter bahan bakar, termasuk bensin, solar, dan minyak tanah. Kapal berangkat dari Bitung dengan muatan untuk memenuhi kebutuhan Kabupaten Sitaro dan Kabupaten Talaud.

Tagulandang merupakan pemberhentian sebelum sampai ke tempat tujuan. Saat sedang membongkar muatan di Tagulandang, kapal dengan 15 ABK itu meledak dan terbakar hebat. Dua mobil dan satu sepeda motor di dermaga turut terbakar.

Penyebab ledakan belum diketahui. Api yang melalap kapal baru padam pada Selasa (7/1/2014). Tumpahan minyak memunculkan masalah baru yang mengancam perairan itu. Pertamina berupaya mengisolasi tumpahan BBM itu dengan memasang oil boom dan menyemprotkan cairan dispersants untuk mengurai tumpahan minyak menjadi zat yang lebih ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com