Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ernawati Heran Ada Benda Mirip Jarum Bersarang di Betis Anak Balitanya

Kompas.com - 08/01/2014, 23:31 WIB
Kontributor Pare-Pare, Darwiaty Ambo Dalle

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com — Di dalam betis kanan Muhammad Zakirullah, anak usia dua tahun asal Uloe, Desa Botto, Kecamatan Pituriase, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, terdapat benda aneh yang diduga jarum. Hal tersebut diketahui setelah Ernawati, sang ibu, membawa anak balita tersebut ke RSUD Andi Makkasau, Parepare, seusai menjalani rontgen.

Kepada Kompas.com, Rabu (8/1/2014) siang tadi, Ernawati mengaku tidak tahu-menahu asal muasal benda asing yang ada di betis kanan putra keduanya tersebut. "Kami juga tidak tahu. Anak kami terlihat berjalan jinjit sudah lama. Ternyata anak kami menahan sakit. Setelah dibawa ke rumah sakit, kami baru tahu kalau ada jarum di betisnya," ungkap Ernawati.

Erna mengatakan, cara berjalan putra bungsunya tersebut jinjit sepulang dari hajatan perkawinan salah seorang kerabatnya. "Karena sering mengaku sakit dan saran dari keluarga, kami kemudian memeriksakan anak kami ke rumah sakit," katanya.

Ernawati mengatakan, tidak ada tanda-tanda luka pada bagian yang dicurigai terdapat benda asing di betis putranya.

Ayah Zakirullah, Labolong, mengatakan, awalnya kaki putranya itu disangka keseleo. "Kami kira hanya keseleo. Tapi ternyata ada benda asing bersarang di betisnya," ungkap dia.

Nurhana SKep Mars, Kepala Ruangan Asoka RSUD Andi Makkasau, mengatakan bahwa berdasarkan foto rontgen itu, terdapat benda asing yang ada di betis kanan bocah berumur 2 tahun tersebut.

"Kami belum bisa memastikan, jenis benda yang bersemayam di dalam betis Muhammad Zakirullah. Namun dari deteksi awal, benda itu menyerupai jarum," ungkapnya.

Dia mengatakan, pasien rujukan RS Nene Mallomo, Kabupaten Sidrap, tersebut akan menjalani operasi untuk mengangkat benda asing di betisnya. Menurutnya, sebelum melakukan operasi, pihak RS akan melakukan foto rontgen ulang dan pemeriksaan lengkap di laboratorium serta menjadwalkan operasi.

Diketahui, ini kasus ketiga rumah sakit rujukan tersebut menangani kasus serupa. Dua tahun lalu, seorang bocah bernama Syafirah mengalami hal serupa dan menghebohkan karena banyak paku bersarang di tubuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com