Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Erupsi Sinabung Belum Masuk Kategori Bencana Nasional

Kompas.com - 08/01/2014, 06:59 WIB
Suhartono

Penulis

KABANJAHE, KOMPAS.com — Ketua Umum Palang Merah Indonesia Pusat (Ketua Umum PMI Pusat) M Jusuf Kalla menyatakan, erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, belum bisa ditetapkan sebagai bencana nasional. Alasannya, penanggulangan bencana masih mampu diatasi oleh jajaran di tingkat kabupaten dan provinsi.

"Kalau kabupaten dan provinsi tidak lagi mampu menanggulangi karena skala bencananya sangat besar dan memakan banyak korban, maka erupsi Gunung Sinabung baru bisa dikategorikan bencana nasional," ujar Kalla, Selasa (7/1/2014) malam, saat memberi paparan di hadapan jajaran PMI Sumatera Utara, di Berastagi, Karo, Sumatera Utara.

Setelah memantau langsung erupsi Gunung Sinabung pada Selasa malam, Kalla berencana kembali melihat aktivitas gunung tersebut dan beberapa pengungsian di wilayah Kabanjahe, Rabu (8/1/2014).

Rombongan Kalla menyertakan pula Kepala Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat Soemarsono dan sejumlah pakar. Selain pengamat sosiologi politik Thamrin Thamagola, dalam rombongan ini terdapat pakar manajemen Rhenald Kasali, pakar kebijakan umum Andrinov Chaniago, dan Pembantu Rektor II Universitas Paramadina Wijayanto Samirin.

Menurut mantan Wakil Presiden Indonesia ini, alasan letusan Sinabung belum dapat masuk kategori bencana nasional juga karena belum ada letusan besar dan korban jiwa. "Ini bedanya dengan di Gunung Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau di Sinabung ini, warganya lebih siap sehingga saat terjadi erupsi, mereka bisa segera diungsikan sehingga tak ada korban jiwa," ujar Kalla.

Sebelumnya, dalam laporannya, Ketua PMI Sumut Rahmat Shah berharap letusan gunung ini segera dinyatakan masuk kategori bencana nasional. Alasan yang dia kemukakan adalah banyaknya pengungsi dari peristiwa alam tersebut. Hingga Selasa, jumlah pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung tercatat mencapai lebih dari 22.000 jiwa.

"Apakah mereka harus kembali ke rumahnya di desa atau direlokasi. Ini mungkin Pak JK bisa menjelaskan apakah aktivitas Sinabung sudah bisa dikategorikan sebagai bencana nasional," ujar Rahmat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com