Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Raung Waspada, Banyuwangi Buka Posko Bencana

Kompas.com - 06/01/2014, 16:26 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com — Pemkab Banyuwangi membuka enam posko bencana setelah Gunung Raung dinaikkan statusnya menjadi waspada sejak Minggu (5/1/2014).

"Posko didirikan di masing-masing kecamatan yang berdampak langsung jika ada kemungkinan terburuk, yakni di Kecamatan Songgon, Singonjuruh, Sempu, Genteng, Kalibaru, dan Glenmore. Kami sudah melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banyuwangi," jelas Slamet Kariyono, Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi, kepada Kompas.com, Senin (6/1/2014).

Ia menjelaskan, yang terpenting saat ini adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang berdampak langsung. "Desa terdekat jaraknya 3 kilometer berada di Kecamatan Kalibaru. Masih aman karena rekomendasi yang dikeluarkan adalah warga dilarang mendekati kawah dalam radius 2 kilometer dari pusat kawah," jelasnya.

Selain itu, pihak BPBD Banyuwangi juga telah menyiapkan 10.000 masker untuk masing-masing kecamatan.

"Sebagai antisipasi, masker akan dibagikan jika aktivitas terus meningkat. Anggaran untuk bencana alam juga ada Rp 10 miliar yang bisa dicairkan setiap saat. Jika ada kemungkinan terburuk, kami tetap ingin zero victim (tidak ada korban). Kesiagaan petugas penanggulangan bencana serta perencanaan posko dan pengungsian merupakan SOP yang mesti dijalankan dalam mengantisipasi kemungkinan bencana," ungkapnya.

Slamet Kariyono menjelaskan, sosialisasi akan terus dilakukan kepada masyarakat dan berharap warga di sekitar Gunung Raung tetap tenang serta tidak terpancing isu tentang letusan Gunung Raung. "Kami akan terus melakukan koordinasi, terutama dengan pos pengamatan Gunung Raung yang berada di Dusun Sumber Arum, Kecamatan Songgon," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com