Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gundono Pergi Saat Tengah Persiapkan Pentas di Luar Negeri

Kompas.com - 05/01/2014, 12:13 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com
 — Meninggalnya dalang wayang suket, Slamet Gundono, mengejutkan kalangan seniman di Surakarta. Gondo meninggal dunia, Minggu (5/1/2014), di RS Yarsis Surakarta, karena penyakit diabetes serta komplikasi jantung dan lever yang dideritanya.

Salah seorang rekan Gondo, Mars Inung, mengatakan, ia dan Gondo tengah merencanakan pentas kolaborasi wayang dan musik etnik di beberapa negara.

"Sebetulnya kami menyiapkan kolaborasi antara wayang kontemporer khas Gundono dan musik etnis, dan siap tampil di beberapa negara," kata Mars Inung kepada Kompas.com, Minggu.

Gundono, pria kelahiran Tegal, 19 Juni 1966, itu tercatat pernah menuntut ilmu di jurusan Teater di Institut Kesenian Jakarta (IKJ), kemudian pindah ke Jurusan Pedalangan di Sekolah Tinggi Seni Indonesia Surakarta —sekarang ISI Surakarta— hingga lulus.

Sosok Gundono yang bertubuh tambun tersebut sempat mengisi beberapa program acara televisi nasional dengan menampilkan wayang suket miliknya. Karier Slamet Gundono sebagai dalang wayang kontemporer dirintis sejak ia mengikuti pentas Festival Dalang memperingati 50 tahun kemerdekaan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com