Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Minggu Mengambang di Laut, 3 Awak Kapal Ini Selamat, 1 Tewas

Kompas.com - 04/01/2014, 21:26 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


MAMUJU, KOMPAS.com
- Empat awak kapal kargo Irama Nusantara yang tenggelam di perairan Jawa pada 23 Desember lalu, terseret arus hingga terdampar di perairan Mamuju, Sulawesi Barat. Salah satu awak sudah tak bernyawa saat ditemukan sejumlah nelayan yang tengah mencari ikan di perairan Mamuju, Sabtu (4/1/2014).

Korban tewas diketahui bernama Wahyu (30), jenazahnya disemayamkan di kamar mayat Rumah Sakit Regional Mamuju sambil menunggu keluarga korban dari Surabaya. Sementara tiga penumpang selamat masing-masing bernama Agus Pujianto (30), Erianto (32) dan Dwiyanto (28) kini masih menjalani perawatan intensif di RS Mamuju.

Salah seorang awak kapal yang selamat, Erianto menjelaskan, kapal kargo Irama Nusantara yang berangkat dari pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan tujuan Surabaya, Jawa Timur tenggelam setelah bagian lambungnya pecah dihantam gelombang. Dari 15 awak kapal yang ikut dalam pelayaran tersebut, kata Erianto, hanya ia dan tiga rekannya yang terdampar di Mamuju.

Menurut Erianto, saat kejadian, para awak kapal berusaha menyelamatkan diri dengan peralatan seadanya. Mereka sempat terkatung-katung di laut selama 14 hari atau dua minggu. Dia dan tiga rekannya terdamapar di pantai Desa Sumare, Kecamatan Simboro atau sekitar 23 kilometer dari pusat kota Mamuju, Sulawesi Barat.

“Empat belas hari kami bertahan hidup di tengah terpaan gelombang ganas. Kelaparan dan kulit melepuh akibat cuaca matahari, hingga kami terdampar di perairan Mamuju dan ditemukan sejumlah nelayan," ujar Erianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com