Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Elpiji 12 Kg Naik, Kendal Tambah Pasokan Gas 3 Kg

Kompas.com - 03/01/2014, 18:10 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Naiknya harga elpiji 12 kilogram, membuat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kendal, Jawa Tengah, melakukan antisipasi dengan menambah pasokan elpiji ukuran 3 kilogram. Sebab, kemungkinan dengan naiknya harga elpiji 12 kilogram, masyarakat yang biasa menggunakan elpiji tersebut beralih ke elpiji 3 kilogram. Hal itu bisa menyebabkan terjadi kelangkaan elpiji 3 kilogram.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kendal, Heru Yuniarso mengatakan, pihaknya mengajukan usulan kepada Pertamina untuk menambah pasokan gas elpiji ukuran 3 kilogram untuk tahun 2014 ini, sebanyak 10 persen dari pasokan sebelumnya. Menuru Heru, pasokan gas elpiji ukuran 3 kilogram yang diterima di Kendal selama tahun 2013 kemarin, sebanyak 6.437.100 tabung.

“Dengan tambahan 10 persen, diperkirakan pasokan yang diterima Kendal pada tahun 2014 ini, menjadi 6.565.500 tabung,” kata Heru, Jumat (3/1/2014).

Dia memperkirakan, kebutuhan masyarakat terhadap gas setiap harinya mencapai 21.855 tabung. Sementara kebutuhan setiap bulannya sekitar 546.525 tabung. Menurut Heru, untuk hotel dan restoran tidak diperbolehkan beralih ke tabung ukuran 3 kilogram, harus tetap gas ukuran 12 kilogram.

“Saya mengimbau kepada warga yang mampu supaya tetap menggunakan gas elpiji ukuran 12 kilogram,” imbaunya.

Sementara itu, salah seorang subagen di Jalan Soekarno-Hatta, Kendal, Dani mengatakan, permintaan terhadap gas elpiji ukuran 3 kilogram mengalami kenaikan, setelah gas elpiji ukuran 12 kilogram, mengalami kenaikan. Sehingga, pihaknya membatasi permintaan gas elpiji ukuran 3 kilogram tersebut. Pasalnya, stok dari agen belum ditambah.

“Permintaan elpiji ukuran 3 kilogram naik. Tapi pasokan kita dari agen belum ditambah. Jadi kita batasi pembelian ukuran yang 3 kilogram. Kalau biasanya beli 10 tabung, kita kasih 5 tabung. Yang biasanya beli 5 tabung, kita kasih 2 – 3 tabung. Sehingga bisa rata dapat semua,” tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com