Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditinggal Shalat Jumat, 2 Rumah Kos di Manado Terbakar

Kompas.com - 03/01/2014, 16:08 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com - Apes dialami Samuel Djawadomo, warga Kelurahan Bailang, Lingkungan 3, Kecamatan Tuminting, Kota Manado. Seusai shalat Jumat, dua rumah kos miliknya di Lingkungan 2, habis dilalap si jago merah, Jumat (3/1/2014).

Salah satu penghuni kos, Robby Abdullah Tinungki menceritakan, waktu hendak pergi shalat Jumat, rumah kos ditinggalkannya masih dalam keadaan utuh. "Kebetulan di rumah itu tinggal saya sendiri, yang lain pergi berlibur. Waktu saya keluar dari masjid, saya lihat api sudah membesar. Saya langsung berteriak minta tolong," ujar Robby.

Cuaca yang cukup terik ditambah dengan bangunan yang sebagian besar terbuat dari kayu, membuat api dengan cepat menghanguskan kedua bangunan yang berdekatan itu. "Mobil pemadam kebakaran terlambat datang, waktu datang, rumah sudah habis terbakar," keluh Samuel, lesu.

Menurut Samuel, rumah kos miliknya tersebut punya enam kamar, yang semuanya disewakan. Hanya Robby yang berada di kamarnya, sementara penghuni lainnya pulang berlibur tahun baru.

Robby sendiri hanya bisa menyelamatkan pakaiannya. Uang, BPKB motor, serta surat-surat berharga lainnya ikut terbakar. Terlihat pula sebuah kendaraan roda dua terbakar hingga tersisa rangkanya. Sebuah tabung gas elpiji ikut juga terbakar dan meledak. "Mungkin tabung itu dibiarkan terpasang oleh pemiliknya dan meledak," ujar Samuel.

Hingga kini belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut. Dari penuturan warga, besar kemungkinan kebakaran disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Kerugiannya juga masih dihitung.

Kebakaran di Bailang ini melengkapi dua kebakaran dalam seminggu ini di Manado. Sebelumnya dua rumah warga di Kelurahan Mahakeret hangus terbakar gara-gara petasan Rabu (1/1/2014) dini hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com