Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabo Pungkasan, Warga Banyuwangi Berkumpul di Pantai Cacalan

Kompas.com - 01/01/2014, 20:13 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI,KOMPAS.com - Ratusan warga Banyuwangi berkumpul di Pantai Cacalan Kecamatan Kalipuro Banyuwangi untuk melaksanakan tradisi Rabo Pungkasan atau Rabu terakhir di bulan Shafar, (01/01/2014).

Pada acara itu, masyarakat makan bersama dengan keluarga di tepi pantai sambil mandi di laut sebagai bagian dari tradisi Rabo Pungkasan, yang bertepatan dengan tahun baru 1 Januari 2014.

Menurut Ribut Haritono, Ketua Komunitas Penyelamat Pantai Cacalan kepada Kompas.com Rabu (01/01/2014) Rabo Pungkasan merupakan tradisi turun temurun dan menjadi kebiasaan masyarakat Banyuwangi.

"Rabo Pungkasan adalah hari rabu terakhir di bulan Shafar. Sedangkan bulan Shafar adalah bulan kedua dalam penanggalan hijriyah Islam," ujarnya.

Menurut Ribut, kepercayaan kebanyakan masyarakat pada Rabu terakhir di bulan Shafar akan banyak malapetaka yang terjadi, terutama di sumber mata air.

"Karena itu warga berkumpul di pantai untuk bersama-sama berdoa dengan keluarga agar dijauhkan dari marabahaya dan mereka makan bersama dengan bekal yang di bawa dari rumah dan diakhiri dengan mandi di laut", jelas Ribut.

Sementara itu Titik Maspuah (45) warga Kelurahan Lateng kepada Kompas.com mengaku datang bersama keluarga besarnya dengan menyewa angkutan umum.

"Ada 8 orang tadi bareng-bareng mulai dari anak menantu sama cucu. Sengaja bawa makanan dari rumah mumpung Rabo Pungkasan dan pas tanggal merah juga" jelasnya.

Tradisi Rabo Pungkasan tersebut diawali dengan arak-arakan hasil bumi dan tumpeng keliling desa yang berakhir di Pantai Cacalan. Dilanjutkan dengan doa dan makan bersama dengan pengunjung Pantai Cacalan. Mereka juga dihibur dengan pertunjukan trdisional Jaranan satu hari penuh sampai menjelang magrib di tepi Pantai Cacalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com