Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Narkoba di Bengkulu Tertinggi Lulusan SMA

Kompas.com - 31/12/2013, 20:52 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Daerah Bengkulu, Brigjen Tatang Somantri menyebutkan kasus narkoba di wilayah hukumnya tahun 2013 mencapai 191 kasus. Jumlah itu meningkat dari tahun 2012 sebanyak 146 kasus. Sedangkan pengguna narkoba tertinggi berdasarkan tingkat pendidikan adalah lulusan Sekolah Menegah Atas (SMA).

"Pengguna narkoba berdasarkan tingkat pendidikan jika Sekolah Dasar (SD) ada 16 orang, SMP 26 orang dan SMA 192 orang. Sedangkan perguruan tinggi ada 31 orang," kata Kapolda Bengkulu, Brigjen Tatang Soemantri, seusai gelar konfrensi akhir tahun dengan wartawan, Selasa (31/12/2013).

Menurutnya, pengguna narkoba bukan hanya yang telah lulus sekolah, tetapi juga ada yang masih berstatus pelajar SD hingga SMA. Ia melihat peredaran narkoba tak hanya melibatkan orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Dengan demikian, masalah ini perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak, terutama orangtua.

Dir Narkoba Polda Bengkulu, Kombes Pol Budi Tono menambahkan, sepanjang tahun ini dari 191 kasus narkoba, kepolisian telah menetapkan 265 tersangka baik sebagai pengguna, pengedar maupun keduanya. Selanjutnya, dari jumlah pengguna narkoba tertinggi ternyata ganja yang menduduki peringat pertama. Pengguna ganja pada 2013 mencapai 133 tersangka, meningkat dari tahun 2012 sebanyak 112 tersangka.

Sementara pengguna sabu-sabu pada 2013 mencapai 129 orang, meningkat tajam dari tahun 2012 sebanyak 80 tersangka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com