Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laka Lantas Renggut 225 Jiwa di Sultra Selama 2013

Kompas.com - 31/12/2013, 20:32 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis


KENDARI, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat sebanyak 225 orang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas selama tahun 2013. Korban tewas didominasi pengendara sepeda motor sebanyak 80 persen dari 1.052 kecelakaan lalu lintas di Sultra.

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Arkian Lubis mengatakan, selain korban meninggal, kecelakaan lalu lintas selama 2013 juga menyebabkan 397 orang mengalami luka parah dan 1.121 orang luka ringan. Dari jumlah kasus kecelakaan tersebut, kata Arkian, yang rampung dituntaskan sebanyak 542 kasus atau 52 persen.

Kecelakaan lalu lintas di Sultra juga menimbulkan kerugian materil sebesar Rp 4,3 miliar lebih. "Kerugian materil bersumber dari kerusakan kendaraan yang mengalami kecelakaan. Penyebab kecelakaan akibat pengendara lengah, tidak mematuhi aturan lalu lintas, pengaruh alkohol, dan melebihi batas kecepatan,” terang Kapolda di Mapolda Sultra, Selasa (31/12/2013).

Dijelaskan Arkian, jumlah kecelakaan lalu lintas tahun 2013 menurun dibandingkan tahun 2012 yang tercatat sebanyak 1.667 kali. "Menurunnya tingkat kecelakaan lalu lintas ini tidak terlepas dari upaya kepolisian yang secara terus-menerus mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam berkendara di jalan raya," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com