Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Desa Dapat Rp 1 Miliar, Sejumlah Kades Bingung

Kompas.com - 31/12/2013, 15:59 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis


MOROTAI, KOMPAS.com — Kabupaten Pulau Morotai akan memberikan bantuan dana Rp 1 miliar untuk setiap desa di daerah itu yang sudah dianggarkan dalam APBD tahun 2014. Bantuan itu disambut dengan rasa bingung para kepala desa di Morotai.

Kepala Desa Usbar Pantai di Kecamatan Morotai Selatan Barat, William Jum, mengaku terkesan dengan program pemerintah yang mengalokasikan anggaran Rp 1 miliar untuk dikelola pemerintah desa. Hanya, dia mengaku sedikit bingung untuk mengelolanya.

"Selama ini kan pemerintah desa tidak pernah mengelola dana sebesar itu. Jadi, ini merupakan hal baru bagi kami, termasuk seluruh kepala desa yang ada di Morotai," ungkap William, Selasa (31/12/2013).

Ada rasa waswas di benak kepala desa untuk mempertanggungjawabkan dana sebesar Rp 1 miliar nanti. Namun, kebijakan tersebut menurut sejumlah kepala desa merupakan terobosan baru bagi desa-desa di Morotai. "Ini kesempatan kita untuk membangun desa," timpal Aryanto Husen, Kepala Desa Hapo di Kecamatan Morotai Selatan Barat.

Sejumlah kepala desa saat ini tengah membahas rencana pembangunan di desa untuk memanfaatkan alokasi dana tersebut.

Sementara itu, Bupati Pulau Morotai Rusli Sibua ketika dikonfirmasi Kompas.com menjelaskan, alokasi dana sebesar Rp 1 miliar untuk tiap desa merupakan kebijakan pemerintah daerah dalam program 1 Desa 1 Miliar. Kebijakan ini, menurut dia, sebagai upaya menerapkan pemerataan anggaran bagi seluruh desa di Morotai.

"Tahun 2013 kita sudah terapkan pemerataan untuk percepatan infrastruktur di ibu kota kecamatan, maka tahun 2014 kita menerapkan lagi pemerataan bagi tiap desa berupa percepatan infrastruktur desa melalui program 1 Desa 1 Miliar," jelas Rusli Sibua, Selasa (31/12/2013).

Pemerintah desa, kata Rusli, diberikan kewenangan untuk mengelola sendiri dana tersebut. Praktis, pemerintah desa sendiri yang bakal mempertanggungjawabkan penggunaannya.

Meski begitu, sambung Rusli, pemda mewajibkan setiap desa harus membangun kantor desanya melalui dana tersebut. "Yang jadi urusan wajib itu kantor desa supaya semua desa di Morotai ini harus punya kantor desa, selanjutnya itu tempat ibadah dan sebagainya," jelas Rusli.

Terkait dengan kekhawatiran para kepala desa untuk mempertanggungjawabkan dana sebesar itu, Rusli mengaku pihaknya tetap melakukan pembinaan.

"Januari sampai Februari itu kita berikan pemahaman tentang tata kelola keuangan yang baik bagi mereka," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, jumlah desa di Kabupaten Pulau Morotai sebanyak 88 desa. Dalam program ini, Pemkab Pulau Morotai mengalokasikan anggaran sebesar Rp 88 miliar melalui APBD tahun 2014. "Mungkin Maret 2014 sudah bisa direalisasikan," pungkas Rusli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com