Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Banyuwangi Gelontorkan Rp 6,8 Miliar untuk Guru Agama

Kompas.com - 31/12/2013, 11:39 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Akhir tahun 2013, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyerahkan bantuan penyelenggaraan pendidikan diniyah dan guru swasta sebesar Rp 6,8 miliar.

"Untuk guru dianggarkan 4,5 miliar, sedangkan sisanya 2,3 miliar untuk siswa setingkat SD dan SMP, khusus untuk sekolah agama," ungkap Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada Kompas.com, Selasa (31/12/2013).

Bupati Anas menjelaskan, guru agama yang mendapatkan dana bantuan pendidikan sebanyak 1.990 orang. Mereka bukan hanya guru agama Islam, melainkan juga guru agama Kristen, Hindu, dan Buddha. Mereka mendapatkan Rp 300.000 per bulan. Sementara untuk 16.980 siswa setingkat SD dan SMP, masing-masing mendapat Rp 15.000 dan Rp 25.000 per bulan.

"Anggaran ini dari diambil dari APBD tahun 2013," ungkap Bupati Anas.

Bukan hanya memberikan bantuan kepada guru agama, Pemkab Banyuwangi juga memberikan bantuan kepada guru mengaji yang ada di wilayah Banyuwangi dengan total anggaran Rp 7 miliar rupiah yang dicairkan dalam waktu dua tahap.

"Setiap guru ngaji akan mendapatkan Rp 500.000 yang dicairkan dalam dua tahap. Dan untuk akhir tahun ini, sisanya Rp 3 miliar lebih sudah kami bagikan kepada 15.000 lebih guru mengaji yang ada di wilayah Kabupaten Banyuwangi," ujarnya.

Hari ini, kata dia, para guru tersebut sudah bisa mencairkan dananya. Sebab, dana tersebut langsung ditransfer ke rekening masing-masing. Ini berlaku untuk siswa, guru agama, dan juga guru mengaji.

Siti Hawa, guru mengaji asal Kecamatan Kalipuro, mengaku bersyukur mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 500.000. "Alhamdulilah ada rezeki, bisa untuk tambah-tambah buat anak sekolah jelang tahun ajaran baru nanti," ucapnya bersyukur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com