Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyaris Tenggelam, Kapal Ini Diselamatkan Tim SAR Kupang

Kompas.com - 30/12/2013, 22:45 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Sebuah kapal yang sedang melakukan pelayaran dari Papela Kabupaten Rote, Nusa Tenggara Timur menuju ke Tablolong, Kabupaten Kupang, mengalami kerusakan mesin di sekitar Perairan Oisina Kupang. Kapal terseret arus ke arah selatan perairan Sakala, Nusa Tenggara Timur, hingga nyaris tenggelam.

Beruntung kapal tersebut diselamatkan Tim SAR Kupang. Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) SAR Kupang, Petronela Amabi, Senin (30/12/2013) mengatakan kapal dengan nama “NAMATA” bersama ABK 6 orang bertolak dari Papela Rote pada pukul 12.00 WITA dengan membawa muatan 16 karung cabe.

Kapal kemudian mengalami kerusakan mesin pada posisi koordinat 10° 21’ 38,00” S - 123° 26’ 27,00" E atau 7 mil sebelah barat Oisina.

"Penyelamatan itu dipimpin langsung oleh Kasubsi Operasi Suprianto Ridwan, S.E, bersama anggota Tim Rescue berjumlah 21 orang yang diberangkatkan menuju lokasi pada pukul 15.30 Wita menggunakan RB (Rescue Boat) 308 milik Basarnas Kantor SAR Kupang," jelas Petronela.

Lanjut Petronela, setelah berhasil menemukan kapal dan enam orang ABK dalam keadaan selamat pada pukul 19.05 WITA, selanjutnya para korban dibawa ke pelabuhan Tenau Kupang dan selanjutnya dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan medis.

"Enam orang korban tersebut di antaranya, Benyamin (60), Alfred Betten (50), Obet Kese (40), Jes Leneng (50), Alan (48), dan Semi Lani (39) di evakuasi untuk mendapat perawatan medis," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com