Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesisir Bengkulu Dipasang Alat Pendeteksi Tsunami

Kompas.com - 30/12/2013, 15:56 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Pesisir Bengkulu dengan panjang garis pantai 525 kilometer akan dipasang alat pendeteksi tsunami dan gempa di 8 titik pada 2014 mendatang.

"Pemasangan alat deteksi gempa dan tsunami itu di sepanjang pesisir pantai Bengkulu dari Kabupaten Kaur hingga Mukomuko," kata Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Kolendri, Senin (30/12/2013).

Ia mengatakan, pemasangan alat deteksi itu bekerjasama dengan negara Jepang. Saat ini, prosesnya dalam tahap persiapan. Ia menargetkan awal 2014, alat yang mampu mendeteksi gempa hingga terkecil itu telah terpasang.

Pemasangan alarm dan alat pendeteksi gempa serta tsunami ini, lanjut Kolendri, karena Bengkulu merupakan provinsi yang memiliki potensi gempa dan tsunami. Dari 525 kilometer panjang garis pantai Bengkulu, sedikitnya terdapat 196 desa berada dalam zona merah atau rawan bencana tsunami. Juga terdapat lima kabupaten dan satu kota yang langsung berhadapan dengan laut lepas.

Kolendri menyatakan, Bengkulu merupakan wilayah multibencana. Selain gempa dan tsunami, wilayah ini juga berpotensi terjadinya badai, longsor, letusan gunung api, hingga ancaman petir terutama di Kabupaten Bengkulu Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com