Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan sambil Belajar Bahasa Asing Diminati Pelajar

Kompas.com - 28/12/2013, 15:30 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Mengisi waktu liburan semester dengan kegiatan bermanfaat dan mendidik bisa dilakukan dengan beragam cara tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Sejumlah siswa di Polewali Mandar Sulawesi Barat misalnya, memanfaatkan waktu liburan mereka dengan berwisata ke wilayah pegunungan. Selain bisa menikmati panorama alam yang indah dan asri para siswa juga mengisi liburan mereka sambil belajar percakapan bahasa inggris dengan sesama rekan mereka.

Belajar di alam terbuka seperti ini diakui para siswa, selain memberi motivasi belajar juga bisa dengan mudah menghapal bentuk-bentuk percakapan bahasa asing ketimbang belajar di sekolah dalam suasana yang serba formal.

Intan, salah satu siswi sekolah SMA di Polewali Mandar misalnya, memilih berlibur ke wilayah pegunungan bersama temannya, saat temannya yang lain berlibur ke beberapa daerah seperti Bali dan Yogyakarta.

Menurut Intan, berwisata ke wilayah pegunungan yang asri dan sejuk bisa membuat suasana pikiran mejadi lebih segar. “Liburannya asik sambil menikmati panorama alam pegunugan yang indah sambil belajara bercakap bahasa asing. Mudah ringan dna cepat hapal percakapannya,”ujar Intan, Sabtu (28/12/2013).

Muhammad Taufik, instruktur Bahasa Inggris yang ikut memandu mengatakan liburan di alam terbuka bisa memancing minat belajar anak untuk bercakap-cakap.

“Suasana alamnya yang menarik dan sejuk, bisa menacing minat belajar siswa dengan cara santai dan ringan,”ujar Muhammad Taufik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com