Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Kecamatan di Bondowoso Rawan Longsor dan Banjir

Kompas.com - 28/12/2013, 12:13 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

BONDOWOSO, KOMPAS.com - Sebanyak 12 kecamatan di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur masuk daerah rawan bencana longsor dan banjir. Kecamatan dimaksud di antaranya Wringin, Pakem, Binakal, Tegal Ampel, Taman Krocok, Botolinggo, Prajekan, Klabang, Wonosari, Tapen, Tlogosari, dan Sempol.

"Jadi tingkat kemiringan tanah wilayah itu memang cukup curam, sehingga tanah di sana rawan bergeser jika terjadi hujan sangat deras dengan intensistas cukup lama," terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Hari Patriyantono, kepada Kompas.com, Sabtu (28/12/13).

Untuk mengantisipasi terjadinya korban di sekitar daerah rawan bencana longsor dan banjir, BPBD kata Hari, telah memasang alat pendeteksi di daerah-daerah tersebut. “Kami sudah memasang alat pendeteksi dini terjadinya bencana. Jadi alat itu akan berbunyi ketika akan terjadi bencana, sehingga masyarakat sudah bisa siap untuk evakuasi," katanya.

Selain itu, kata dia, BPBD bersama instansi terkait lainnya telah melatih kesiapsiagaan masyarakat di sekitar lokasi rawan bencana. “Kalau suatu saat akan terjadi bencana, masyarakat sudah bisa langsung mengungsi sesuai standar keamanaan yang telah diberikan BPBD," lanjut Hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com