Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun, 130 Orang Tewas di Jalur Pantura Demak

Kompas.com - 27/12/2013, 20:06 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis


DEMAK, KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2013, terjadi 673 kasus kecelakaan lalu lintas di sepanjang jalur Pantura Demak yang mengakibatkan 130 orang meninggal dunia. Selain korban meninggal, 38 orang mengalami luka parah dan 760 orang luka ringan.

Dibandingkan pada tahun 2012 lalu, jumlah kasus kecelakaan di Pantura Demak mengalami penurunan. Pada tahun 2012 lalu tercatat 813 kasus kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia sebanyak 199 orang, korban luka parah 51 orang dan korban luka ringan 877 orang.

Menurut Kepala Sub Bagian Humas Polres Demak, AKP Sutomo, Jumat (27/12/2013), meskipun kasus kecelakaan pada tahun ini mengalami penurunun, namun jumlah tersebut masih cukup tinggi. Hasil analisis dan evaluasi kepolisian, penyebab kecelakaan bermacam-macam, selain kondisi jalan yang banyak berlubang, juga diakibatkan karena kendaraan dalam kondisi tidak layak dan pengemudi mengantuk, serta masih minimnya lampu penerangan jalan.

"Jalan Pantura Demak merupakan jalur tengkorak yang sering terjadi kecelakaan lalu lintas dan banyak memakan korban jiwa. Untuk itu, masyarakat harus berhati-hati dan disiplin berlalulintas," kata AKP Sutomo.

Peristiwa kecelakaan lalu lintas paling menonjol pada tahun ini adalah kecelakaan tunggal yang terjadi di jalan Raya Semarang - Demak KM 14,4 yang menewaskan enam orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com