Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan Tak Cair, Ribuan Warga Aceh Rusak Kantor Gubernur

Kompas.com - 27/12/2013, 19:41 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com - Sekitar 1.000 warga menyerbu kantor Gubernur Aceh. Warga mengaku merasa ditipu dan diperlakukan tidak adil oleh pemerintah Aceh. Pasalnya sejak sebulan lalu, warga mengirimkan proposal bantuan ekonomi, namun hingga hari ini tidak kunjung cair.

Dalam penyerbuan itu, warga bahkan melempari pintu kaca bagian depan dan kantor serta mengobrak abrik bunga-bunga yang ada di halaman kantor. Sejumlah warga juga terlibat cekcok dengan aparat kepolisian, karena merasa mendapat perlakuan kasar.

"Jangan berjanji kalau tidak bisa menepati, semua warga datang karena dijanjikan akan diberi dana Rp 500.000 rupiah per orang," teriak Neneh, warga Aceh Besar, Jumat (27/12/2013).

Suasana ricuh menjelang maghrib, karena warga memaksa bertahan di kantor gubernur, hingga akhirnya polisi melepaskan tembakan ke udara dan memaksa warga pergi.

Seribuan warga ini sudah berada di kantor gubernur sejak pagi hari. Polisi mengamankan 9 warga yang dianggap memicu kericuhan dan anarkistis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com