Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Tolak Rektor Unsulbar, Mahasiswa dan Polisi Bentrok

Kompas.com - 27/12/2013, 14:30 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


MAJENE, KOMPAS.com - Aksi unjuk rasa ratusan mahasiswa dan dosen menentang pelantikan rektor Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), Aksan Jamaluddin di bundaran Kota Majene, Sulawesi Barat, berakhir bentrok dengan aparat kepolisian yang mengamankan jalannya demonstrasi, Jumat (27/12/2013) siang tadi. Akibat bentrokan itu, sejumlah mahasiswa terluka.

Dalam pantauan Kompas.com, bentrokan bermula ketika para mahasiswa akan melakukan orasi sambil membakar ban bekas di bundara kota Majene yang merupakan jalur trans Sulawesi. Namun polisi yang mengamankan aksi berusaha mencegah aksi bakar ban tersebut karena khawatir akan memacetkan jalur trans Sulawesi. Bentrokan tak terhindarkan setelah sejumlah petugas berupaya merampas ban bekas milik mahasiswa namun ditolak para pengunjuk rasa. Insiden baku pukul antar-mahasiswa dan polisi sempat terjadi.

Meski tak ada korban jiwa, namun sejumlah mahasiswa sempat terluka dalam insiden ini. Bentrokan polisi dan mahasiswa yang menolak pelantikan Aksan Jamaluddin baru mereda setelah sejumlah dosen yang ikut unjuk rasa berusaha menenangkan para mahasiswa mereka.

Aksi unjuk rasa terkait penolakan Rektor Unsulbar kerap terjadi selama dua pekan terakhir ini. Sebelumnya, kubu pendukung Rektor Unsulbar juga berunjuk rasa mendukung Aksa Jamaluddin. Sedangkan kubu penolak menginginkan Muin Liwa jadi rektor Unsulbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com