Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tradisi Tilik Bayi pada Misa Natal di Desa Sumber

Kompas.com - 24/12/2013, 22:01 WIB
Angger Putranto

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Ada yang unik dalam Misa Malam Natal di Gereja St. Maria Lourdes, Desa Sumber, Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, Selasa (24/12/2013). Umat yang hadir dalam misa tersebut melakukan tradisi "Tilik Bayi" atau "Menjenguk Bayi" di depan gua Natal.

Tilik Bayi biasa dilakukan warga saat ada tetangganya yang baru melahirkan seorang anak. Warga biasanya berbondong-bondong ke rumah keluarga yang baru saja dianugerahi seorang anak untuk melihat kondisi bayi dan memberikan sejumlah uang anjangsana.

Hal serupa juga tampak dalam misa malam natal yang diadakan di gereja tersebut. Seusai mendengarkan bacaan Injil, umat berbaris mendatangi gua Natal untuk melihat 'Bayi Yesus'.

Ketua Panitia Perayaan Natal Gereja Sumber Martinus Surawan mengatakan, prosesi tersebut memang diadopsi dari budaya masyarakat sekitar yang hingga kini masih terus dilakukan warga.

"Umat kami ajak untuk menjenguk 'Bayi Yesus' dan merasakan kegembiraan sebuah keluarga yang memiliki anggota baru di dalam rumahnya," tutur Surawan.

Pada Misa Natal Pagi yang rencananya akan diadakan pukul 08.00, Rabu (25/12/2013) di Gereja St. Paulus Tangkil, Misa Natal Tani-Banyu Merapi akan dimulai dengan prosesi dan pemberkatan air dari Sendang Waringin, lalu berjalan ke gereja dan akan disambut dengan aksi teaterikal dan tabuhan rebana dari para pemuda Nahdatul Ulama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com