Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal, Hero dan Chiko Ikut Sisir Gereja

Kompas.com - 24/12/2013, 18:14 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis


DEMAK, KOMPAS.com — Jelang perayaan Natal, pengamanan sejumlah gereja di Kabupaten Demak diperketat. Tidak ingin kecolongan, belasan personel Polres Demak melakukan penyisiran di lingkungan gereja untuk mengantisipasi aksi terorisme sehingga umat Kristiani, yang melakukan berbagai rangkaian kegiatan mulai malam ini, dapat menjalankan ibadahnya dengan khusuk.

Dari pantauan Kompas.com di Gereja Kristen Jawa yang terletak di Jalan Betengan, Selasa (24/12/2013), petugas dengan membawa senjata laras panjang dan rompi antipeluru menyisir gereja dan seluruh halamannya. Mereka menyisir setiap sudut ruangan menggunakan detektor bahan peledak dengan dibantu dua anjing pelacak bernama Hero dan Chiko.

Kepala Subbagian Humas Polres Demak AKP Sutomo mengatakan, selama empat hari, Polres Demak telah melakukan penyisiran di 43 lokasi gereja, baik gereja besar maupun kecil. Penyisiran tidak menemukan benda-benda yang mencurigakan.

"Semua gereja sudah kita lakukan sterilisasi, aman untuk digunakan ibadah. Umat Kristiani tidak perlu khawatir," terang AKP Sutomo, seusai memimpin penyisiran gereja bersama Kepala Satsabhara Iptu Hans Philip Samosir.

Selain penyisiran gereja, Polres Demak juga menempatkan personelnya, lengkap dengan senjata laras panjang dan antipeluru. Gereja besar dijaga 12 anggota dan satu perwira, sedangkan gereja kecil 6 anggota dan satu perwira.

"Setiap anggota jemaat yang memasuki lingkungan gereja, kami periksa dulu. Masuk ke dalam gereja tidak boleh membawa bungkusan," kata Sutomo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com