Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tradisi Umat Katolik Ruteng Saat Merayakan Natal

Kompas.com - 24/12/2013, 17:06 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com — Menyambut Natal, umat Katolik di seluruh Paroki, Keuskupan Ruteng, Nusa Tenggara Timur, memiliki tradisi tersendiri. Sebagian dari mereka memeriahkan perayaan malam Natal dengan menyalakan lampu pelita dari bambu berbahan bakar minyak tanah. Lampu tersebut dipasang di pintu gerbang gereja.

Salah satu yang masih melaksanakan tradisi itu adalah umat Paroki Santa Theresia Kanak-kanak Yesus Rangga di Kecamatan Lembor Raya, Kabupaten Manggarai Barat.

Adrianus Harsi, anggota panitia Natal 2013 Paroki Santa Theresa Kanak-kanak Yesus Rangga kepada Kompas.com dari Lembor, Selasa (24/12/2013) sore, menjelaskan, umat Katolik memiliki cara memeriahkan perayaan malam Natal dengan membangkitkan kembali tradisi unik yang selama ini dipertahankan umat.

Sebanyak 100 lampu pelita dari bambu dipasang di pintu gerbang Gereja Santa Theresa Kanak-kanak Yesus Rangga sepanjang 200 meter.

Selain itu, Harsi menjelaskan, umat Katolik juga menggelar tradisi "Embong" pada malam Natal. Tradisi Embong adalah nyanyian seorang ibu untuk menghibur anaknya supaya tenang, tidak menangis dan tertidur.

Biasanya, lanjut Harsi, Embong dibawakan seorang ibu sambil memangku bayi menuju ke Kandang Natal yang berada di samping Altar Gereja. Sementara seorang ibu memangku bayi dengan dua tangannya. Suasana di dalam gereja sangat hening diiringi paduan suara menyanyikan lagu-lagu Natal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com