Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MUI Maluku: Hormati Umat Kristiani yang Merayakan Natal

Kompas.com - 24/12/2013, 14:38 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Wilayah Maluku meminta seluruh umat Islam ada di Maluku, khususnya Kota Ambon, untuk dapat menghormati dan menghargai umat kristiani yang akan merayakan Natal pada Rabu (25/12/2013) besok.

“Kami mengimbau kepada segenap umat muslim di Maluku agar dapat menghargai dan menghormati saudara kita umat kristiani yang akan menjalankan perayaan Natal besok,” ungkap Ketua MUI Maluku, Idrus Toekan kepada Kompas.com, Selasa (24/12/2013).

Idrus mengatakan, penghargaan terhadap umat lain yang menjalankan ibadahnya merupakan wujud sikap toleransi antarumat beragama yang harus tetap dijaga dan dipelihara oleh setiap warga di maluku.

“Kita harus saling menghargai dan menghormati keyakinan masing-masing. Karena di Maluku kita semua orang bersaudara,” jelas Idrus.

Dia pun meminta kepada seluruh muslim di Maluku agar dapat menjaga situasi keamanan di Maluku yang saat ini sudah sangat kondusif. Menurut Idrus, selaku pimpinan umat, pihaknya juga selalu membangun komunikasi dan koordinasi dengan pimpinan umat kristiani di Maluku.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan Ketua Sinode Gereja Protestan Maluku dan Keuskupan Amboina. Intinya kita harus saling menjaga dan menghormati,” ujarnya.

Idrus juga mengemukakan, MUI Maluku telah berkoordinasi dengan aparat TNI dan Polri untuk dapat menjaga dan menjamin situasi keamanan di Maluku saat berlangsungnya perayaan Natal nanti.

"Kami juga telah meminta kepada aparat keamanan agar dapat menjaga situasi keamanan di Maluku dengan baik agar saudara-saudara kita yang merayakan Natal nanti berjalan dengan aman dan damai,” katanya.

Menurutnya, imbauan saling menjaga dan menghormati ini telah disampaikan MUI Maluku berulang kali menjelang perayaan hari-hari besar umat kristiani. Dia pun berharap agar perayaan Natal dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Kita sudah mengimbau berulang kali. Harapan kita, perayaan Natal nanti berjalan dengan aman dan lancar,” harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com