Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Caleg DPRD Jatim Berebut Posisi Ketua Ansor Jatim

Kompas.com - 21/12/2013, 14:16 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com - Sejumlah calon legislatif di Jawa Timur tercatat sebagai kandidat calon ketua organisasi sayap ormas Nahdlatul Ulama, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur, periode 2014-2018.

Mereka bertarung di arena Konferensi Wilayah (Konferwil) GP Ansor Jatim di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Kecamatan Paciran, Lamongan, Jawa Timur, 20-22 Desember 2013.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, ada empat nama yang muncul, tiga di antaranya tercatat sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPRD Jatim. Ketiganya adalah Rudi Tri Wahid (caleg PKB DPRD Jatim Dapil VII), Hendro Subiantoro, (caleg Gerindra DPRD Jatim Dapil IV), dan Ahmad Tamim (caleg PKB DPRD Jatim Dapil VI).

Sementara satu-satunya kandidat calon yang bukan caleg adalah Sholahul 'am Notobuwono. Meski diincar sejumlah caleg, Ketua GP Ansor Jatim Alfa Isnaeni memastikan, organisasi Ansor tidak akan dikotori kepentingan politik.

"Semua calon itu adalah kader Ansor yang kebetulan aktif di politik praktis. Bukan upaya untuk membawa Ansor ke politik praktis," katanya, Sabtu (21/12/2013) di arena Konferwil GP Ansor Jatim.

Calon ketua Ansor, kata dia, harus memiliki sejumlah persyaratan ketat, antara lain memiliki sertifikat pelatihan kader nasional, harus melakukan kaderisasi GP Ansor dan Banser.

"Selain itu, harus memiliki dan amaliyah seperti lembaga kursus dan pelatihan, koperasi, serta aktif membangun Majelis Rijalul Ansor," tambahnya.

Sementara itu, informasi yang dihimpun di arena Konferwil, meski empat nama mengemuka, hanya akan ada dua nama yang maju menjadi ketua GP Ansor Jatim, yakni Rudi Tri Wahid dan Sholahul 'am Notobuwono.

Dua nama lainnya, yakni Hendro Subiantoro dan Ahmad Tamim, dipastikan mengundurkan diri karena alasan tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com