Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tipu dengan Catut Nama Atasan, Pegawai Honorer Dibekuk Polisi

Kompas.com - 21/12/2013, 12:36 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis


BONE, KOMPAS.com - YU (37), salah seorang tenaga honorer di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan terpaksa harus berurusan dengan polisi, lantaran melakukan penipuan dengan cara telah mencatut nama Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bone, Andi Kasma Padjalangi.

Pencatutan nama itu ditujukan untuk meminta sumbangan ke sejumlah Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Dalam salah satu aksinya, YU mendatangi Lukman selaku Kepala Puskesmas Salomekko di kediamannya di Jalan Andi Malla, Kelurajan Watampone, Kecamatan Taneteriattang dan meminta sumbangan untuk perayaan tahun baru 2014.

Modusnya, pelaku terlebih dahulu memperlihatkan list atau daftar nama nama Kepala Puskesmas yang telah menyumbang, dan untuk membuat korbannya lebih yakin lagi, pelaku mengatakan jika tidak percaya silahkan telpon langsung ke Kepala Dinas.

Setelah menyerahkan uang sebanyak Rp 300.000, korban selanjutnya mempertanyakan hal yang dialaminya kepada Kepala Puskesmas yang lain. Namun dari keterangan Kepala Puskesmas lain, ternyata mereka tidak memberikan sumbangan.

Sadar ditipu, Lukman segera melaporkan hal itu ke Kepala Dinas dan ternyata Kepala Dinas tidak tahu menahu tentang sumbangan tersebut. Selanjutnya Kepala Dinas memanggil pelaku untuk dimintai keterangannya terkait permintaan sumbangan tersebut.

Pihak kepolisian yang mendapat laporan langsung menjemput pelaku di rumah dinas Kepala Dinas Kesehatan dan digiring ke Mapolres Bone untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. "Dia catut nama Kepala Dinas dan pelaku sudah kami amankan, jelas Ipda Aris Supu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com