Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Tanggap Bencana, Anak SD Diajak Berkemah

Kompas.com - 20/12/2013, 20:13 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis


KEFAMENANU, KOMPAS.com — Sebanyak 84 anak sekolah dari dua Sekolah Dasar (SD) di Desa Banain, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, mengikuti pelatihan adaptasi perubahan iklim dengan melakukan kegiatan perkemahan.

Kegiatan yang akan digelar selama dua hari tersebut difasilitasi oleh Plan Internasional Indonesia program unit Kefamenanu yang bekerja sama dengan Australian Agency for International Development (Lembaga Pembangunan Internasional Australia). Kegiatan berkemah dipusatkan di lapangan SD Teflasi.

Pejabat teknis Plan Indonesia program unit Kefamenanu, Berliana Dasa, kepada Kompas.com seusai membuka kegiatan itu, Jumat (20/12/2013), mengatakan, pihaknya memilih melakukan pelatihan di SDK Banain dan SD Teflasi yang berbatasan langsung dengan Distrik Oekusi, Timor Leste, lantaran ancaman bencana yang berkaitan dengan iklim di wilayah tersebut termasuk tinggi.

“Di Desa Banain ini wilayahnya rawan longsor, terutama kebun-kebun milik warga, karena kebiasaan warga yang bertani secara tebas bakar. Ada beberapa kebun di wilayah perbatasan dengan Timor Leste itu setiap tahunnya selalu longsor sehingga tujuan diadakan perkemahan ini untuk melatih anak-anak agar tahu tentang ancaman bencana yang akan terjadi sehingga mereka bisa lebih tanggap dan waspada,” ujar Berliana.

Menurut Berliana, modul pelatihan tersebut hanya difokuskan pada anak-anak SD, khususnya kelas III sampai VI.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala SDN Teflasi Antonius Sila mengatakan, kegiatan ini sangat berguna dan bermanfaat bagi perkembangan anak-anak sekarang ini. Dia pun berterima kasih kepada Plan unit Kefamenanu atas perhatiannya kepada anak-anak SD di perbatasan.

“Terus terang saja untuk kegiatan perkemahan dan pelatihan ini baru pertama kali diselenggarakan di sekolah ini sehingga diharapkan anak-anak ke depannya bisa mempersiapkan diri dan mentalnya untuk menghadapi perubahan iklim yang akan terjadi. Kami sangat berterima kasih pada Plan yang sudah memfasilitasi kegiatan ini dan memilih sekolah-sekolah yang berada di perbatasan dengan Timor Leste,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, anak-anak yang mengikuti perkemahan itu terlihat sangat antusias dan bersemangat karena baru pertama merasakan langsung suasana perkemahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com