Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melalui Buku, Bawaslu Sulut Ajak Warga Ikut Awasi Pemilu

Kompas.com - 19/12/2013, 23:02 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan terobosan baru dalam mengajak masyarakat untuk terlibat pada pengawasan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, yakni melalui buku.

"Kegiatan ini pertama kali di Indonesia dan dimulai dari Sulut," ujar pimpinan Bawaslu Sulut, Johnny AA Suak ketika memberikan sambutan pada pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Partisipatif terhadap Media Massa dan Ormas di Provinsi Sulut, Kamis (19/12/2013) malam.

Suak menjelaskan, Bawaslu Sulut ingin menerbitkan buku yang berisi bunga rampai pemikiran dari seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat yang terlibat dalam pelaksanaan pemilu.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyampaikan pesan kepada seluruh stakeholder pemilu dan masyarakat betapa besar pengaruhnya kalau kita secara bersama-sama mengawasi pemilu itu," ujar Suak.

Menurut dia, Pemilu yang langsung, umum, bebas dan rahasia (luber) dan jujur serta adil (jurdil) pada tahun 2014 nanti, hanya bisa dicapai jika masyarakat secara bersama-sama ikut terlibat. Bawaslu menyadari bahwa tenaga yang dimiliki sangat terbatas. Oleh karena itu, Bawaslu mengajak siswa dan mahasiswa ikut terlibat.

"Kami juga sudah menjangkau 135 sekolah di Sulut untuk melibatkan partisipasi pemilih pemula," jelas Suak.

Di Sulut sendiri terdapat sekitar 30.000 pemilih pemula. Bawaslu sendiri menargetkan di setiap kabupaten kota di Sulut ada 2.000 relawan pengawas pemilu yang direkrut dari pemilih pemula sebagai bagian pengawasan partisipatif.

"Bawaslu juga memandang penting untuk meminta bantuan dan dukungan dari media massa dan ormas untuk memberikan edukasi politik kepada stakeholder dan masyarakat. Dengan demikian, praktik-praktik yang menyimpang dalam pelaksanaan pemilu dapat dicegah sedini mungkin untuk menjadikan pemilu lebih baik," papar Suak.

Rakor yang dilaksanakan selama dua hari ke dapan nantinya akan melahirkan buku yang berisi pemikiran Peran Media Massa dan Ormas dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2013 serta Bagaimana Peran Pemilih Pemula Dalam Pengawasan Partisipatif.

"Dua buku ini nanti akan coba kami gabungkan dan akan kita bawa ke Jakarta nanti sebagai cinderamata dari masyarakat Sulut untuk Bawaslu RI yang bisa diimplementasikan pada pelaksanaan pengawasan Pemilu 2014 nanti," harap Suak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com