Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim SAR Belum Bisa Jangkau Korban Longsor Tanggung Harjo

Kompas.com - 19/12/2013, 12:47 WIB
Angger Putranto

Penulis

GROBOGAN, KOMPAS.com - Tim dari Badan SAR Nasional Semarang dan Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Grobogan belum bisa mengevakuasi korban longsor di Tanggung Harjo Grobogan.

Pasalnya, hingga hari kedua, Kamis (19/12/2013) pukul 11.30WIB, alat berat yang akan digunakan untuk mengevakuasi belum juga datang.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Grobogan Masrikan mengatakan, dia masih mengusahakan untuk mendatangkan alat berat berupa backhoe berlengan delapan meter.

"Saat ini trailer yang digunakan untuk mengangkut backhoe mengalami pecah ban. Rencananya setelah perbaikan, trailer pengangkut backhoe akan dikawal voorjrider agar cepat tiba di lokasi kejadian," ujarnya.

Longsor di Tanggung Harjo, Grobogan terjadi di lahan tambang batu granit, Rabu (18/12/2013). Tebing setinggi 20 meter tersebut runtuh dan menimpa seorang penambang Jumadi (70) yang saat kejadian sedang mencari bebatuan untuk dijual.

"Kemarin sore, kami mencoba mengevakuasi korban dengan mendatangkan backhoe dengan panjang lengan enam meter. Namun, alat berat itu masih tidak bisa menjangkau lokasi yg lebih dalam," ujarnya.

Masrikan juga mengimbau warga untuk bersabar dan meminta warga untuk tidak melakukan evakuasi secara manual. Hingga saat ini, lokasi longsor masih diberi batas garis polisi.

Beberapa kali suara reruntuhan longsoran masih terdengar dari dalam gua yang biasa digunakan para penambang batu.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com