Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Tambah KA Eksekutif Surabaya-Jakarta

Kompas.com - 17/12/2013, 16:52 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Merespons tingginya mobilitas warga Surabaya dan sekitarnya ke Jakarta dengan menggunakan kereta api (KA) kelas eksekutif, PT KAI meluncurkan KA Bangun Karta, Selasa (17/12/2013).

KA dengan kapasitas 300 tempat duduk ini melayani perjalanan dari Stasiun Gubeng, Surabaya, dengan tujuan Stasiun Gambir, Jakarta.

Operasional KA Bangun Karta dari Surabaya, kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Sri Winarto, sebenarnya adalah upaya perpanjangan jalur. Sebelumnya, relasi KA ini dari Stasiun Jombang – Gambir PP.

"Diharapkan KA ini dapat memenuhi kebutuhan moda transportasi masyarakat dari Surabaya, yang selalu meningkat lebih dari 100 persen saat liburan," katanya.

Sri mengatakan, perpanjangan rute KA Bangun Karta tersebut untuk mengakomodasi warga Surabaya, Mojokerto dan sekitarnya yang ingin bepergian dengan tujuan Jakarta dengan KA eksekutif.

Selama ini, kereta yang berangkat dari Surabaya Gubeng tujuan Jakarta untuk kelas eksekutif hanya tersedia satu KA, yaitu KA Bima.

Rangkaian KA Bangun Karta yang melintas jalur selatan ini terdiri dari enam kereta kelas eksekutif, satu kereta makan dan 1 kereta pembangkit dengan total 300 tempat duduk.

Jadwal berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 14.45, Stasiun Mojokerto 15.27 dan sampai di Stasiun Gambir pukul 04.43 dengan waktu tempuh 14 jam lebih.

Sebelumnya, dari Surabaya melalui Stasiun Pasar Turi dan Stasiun Gubeng, setiap harinya ada 10 rangkaian KA menuju Jakarta dengan total 5.470 tempat duduk. Dengan tambahan KA Bangun Karta, maka total yang disediakan menjadi 5.770 tempat duduk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com