Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Rp 2,5 Miliar untuk Rehabilitasi Pengungsi Syiah

Kompas.com - 16/12/2013, 20:20 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Jawa Timur  mengucurkan dana dari Anggaran Pendapatan dan  Belanja Daerah Jatim sebesar Rp 2,5 miliar untuk rehabilitasi permukiman pengungsi Syiah di Sampang. Selain untuk membangun permukiman baru, dana tersebut juga untuk warga sekitar yang terkena imbas dari konflik bernuansa kelompok agama tersebut.

Gubernur Jatim Soekarwo, Senin (16/12/2013), mengatakan, dana tersebut sudah dicairkan pada awal Desember lalu. Dia berharap dana itu dapat dimaksimalkan untuk rehabilitasi sarana dan prasarana permukiman, serta untuk warga sekitar yang terkena dampak sosialnya.

Melalui upaya rekonsiliasi kedua kelompok, hingga saat ini sudah ada sekitar lima orang yang kembali ke lingkungan sosial semula di Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang. "Kami bersyukur, mereka dapat diterima dengan baik di lingkungan semula," katanya.

Soekarwo mengaku telah melaporkan penanganan konflik kelompok agama tersebut kepada Presiden SBY beberapa waktu lalu saat berkunjung ke Madura. "Saya dan Pak SBY, prinsipnya sepakat penanganannya berbasis keinginan warga, bagaimana baiknya," ujarnya.

Secara terpisah, Koordinator Rekonsiliasi Konflik Syiah Abdul A'la mengatakan, upaya rekonsiliasi harus menggunakan pendekatan kultur masyarakat Sampang. "Jangan dilihat kuantitasnya, lima orang itu memang kecil, tetapi dengan pola pendekatan kultur, saya berharap ke depan akan banyak lagi pengungsi yang kembali ke lingkungan sosialnya," ujar Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com