Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zakat Oksigen, Seribu Pelajar Tanam Pohon

Kompas.com - 16/12/2013, 19:31 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Ribuan pelajar dari SD hingga mahasiswa se-Kabupaten Banyuwangi menanam pohon di lereng bukit Watu Gedek dan sepanjang jalan desa jambewangi Kecamatan Sempu, Senin (16/12/2013).

Ada sebanyak 2.300 bibit pohon trembesi, sengon, alpukat, mahoni dan durian yang ditanam sebagai langkah awal program zakat oksigen yang dibuka dalam sebuah upacara di lapangan Dusun Krajan, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Senin (16/12/2013).

Dalam sambutannya di upacara pembukaan tersebut, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan dia berharap gerakan penanaman pohon terus tumbuh dan berkembang di masyarakat.

"Saya juga meminta di sekolah-sekolah menanami tanaman-tanaman yang rimbun seperti trembesi atau tanaman buah-buahan. Jangan pohon jenis Janda Merana saja," ujar Azwar.

Ia juga mengatakan penanaman pohon dalam program Zakat Oksigen juga bisa dilakukan oleh semua pihak. "Oksigen itu gratis dari Tuhan. Maka menanam pohon adalah salah satu bentuk syukur dengan ganti sedekah atau zakat oksigen. Caranya ya dengan terus menanam dan menghijaukan lingkungan kita," ujarnya.

Setelah memberikan sambutan, Bupati Anas menanam secara simbolis pohon trembesi yang diikuti ribuan pelajar dan masyarakat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com