Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Jember Jaga Ketat 78 Gereja Menjelang Natal

Kompas.com - 16/12/2013, 15:48 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com - Sebanyak 78 gereja di Kabupaten Jember, Jawa Timur akan menjadi fokus pengamanan Kepolisian Resor (Polres) Jember saat pelaksanaan ibadah Natal. Dari 78 gereja itu, 14 di antaranya berada di kawasan kota.

Kapolres Jember, Ajun Komisaris Besar Awang Joko Rumitro mengatakan, untuk mengamankan 78 gereja itu, pihaknya menerjunkan 525 personel. “Jadi personel kami akan disebar di seluruh gereja yang ada di wilayah Jember. Kami juga akan dibantu oleh instansi samping, seperti dari Pemkab Jember, TNI, serta organisasi kemasyarakat (Ormas)," kata Awang kepada Kompas.com, Senin (16/12/13).

Polres Jember, kata dia, juga akan melakukan sterilisasi gereja, terutama yang berada di wilayah perkotaan. “Kami sudah menggelar koordinasi dengan seluruh pimpinan gereja yang ada di Kabupaten Jember, terkait proses sterilisasi tersebut. Jadi H-1 pelaksanaan ibadah Natal, kami akan memastikan jika kondisi gereja sudah steril dari gangguan terorisme," kata Awang melanjutkan.

Dia berharap, dengan antisipasi sedini mungkin, pelaksanaan Natal bagi umat kristiani yang ada di kota Jember bisa berlangsung dengan aman. “Kami akan membuat semua umat beragama di Jember, bisa menjalankan ibadah dan merayakan hari raya dengan tenang," pungkas Awang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com