Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Natal, Pelajar Berlomba di Festival Musik Kolintang

Kompas.com - 12/12/2013, 17:18 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com - Sekitar 25 tumpukan musik tradisional Kolintang ikut serta dalam acara Kolintang Christmas Festival 2013 yang digelar di Mega Mall Manado, Kamis (12/12/2013). Para peserta yang terdiri dari pelajar SD, SMP dan SMA ini datang dari beberapa kabupaten dan kota di Sulawesi Utara.

"Kami senang bisa ikut dalam kegiatan ini, disamping menyalurkan hobi dan bakat kami di bidang musik, juga ikut memeriahkan perayaan menyambut Natal," ujar Jessica, salah satu pelajar SMA yang menjadi peserta festival, Kamis.

Para peserta yang penuh bakat tersebut membawakan lagu-lagu Natal dengan iringan musik kolintang sehingga menciptakan harmonisasi yang indah. "Musik tradisional harus terus dilestarikan, festival yang digelar di keramaian bisa menjadi cara efektif untuk mengingatkan kita semua agar terus menjaga warisan budaya itu," ujar Charles, salah seorang pengunjung ketika dimintai tanggapannya.

Musik kolintang merupakan musik pukul traditional orang Minahasa yang terbuat dari kayu pilihan. Kolintang dimainkan secara berkelompok dengan satu atau dua pemain melodi, dan ditambah dengan pemain pengiring serta bas. Musik ini terus bertahan hingga sekarang di Minahasa, bahkan Sulawesi Utara.

Dalam menyambut Natal, berbagai festival digelar oleh berbagai komunitas dan kelompok di Manado. Warga Manado dan Sulut yang mayoritas penganut Kristen mulai mempersiapkan diri menyambut Natal sejak akhir November lalu. Kini, semarak Natal mulai terasa hampir di semua sudut kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com