Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Binuang Ambrol, Jalur Trans-Sulawesi Putus Total

Kompas.com - 12/12/2013, 13:26 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Jembatan Binuang sepanjang 70 meter, yang menghubungkan wilayah Sulawesi Barat dan Selatan, ambrol Kamis (12/12/2013) pagi tadi. Akibatnya, jalur trans-Sulawesi putus total.

Ribuan kendaraan lintas daerah dari Makassar tujuan Palu dan sebaliknya tertahan di lokasi. Para pengendara dan penumpang pun terjebak kemacetan. Hanya sepeda motor dan pejalan kaki yang bisa melintas di jembatan itu. Itu pun harus berhati-hati dan melintas secara bergantian.

Hanya dalam hitungan beberapa menit, antrean kendaran yang terjebak kemacetan telah mengekor hingga lebih dari tiga kilometer. Puluhan petugas lalu lintas pun tampak sibuk dan kalang kabut mengatur lalu lintas di lokasi itu.

Para sopir dan penumpang antardaerah yang terhambat perjalanannya pun terpaksa turun dari kendaraan untuk mencari tempat bernaung. Minimnya warung di sekitar lokasi kejadian membuat pengendara dan penumpang kesulitan membeli makanan dan minuman.

Hasnah, penumpang asal Kabupaten Pinrang, mengaku sudah tiga jam lebih terjebak kemacetan panjang. Semula dia berencana menghadiri upacara pengantin salah satu keluarganya. ”Tapi karena terjebak macet karena jembatan putus terpaksa batal,” ujar Hasnah.

Kanit Patroli Lantas Polres Polewali Mandar, Aiptu Andi Palloge, mengaku terpaksa mengerahkan puluhan personel untuk mengurai dan mengamankan situasi kemacetan di lokasi. “Kita kerahkan puluhan personel di sepanjang jalur antrean untuk mengurai kemacetan dan tindak kriminal," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com