Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

84 Persen Pelanggar Operasi Zebra di Garut Pengendara Sepeda Motor

Kompas.com - 12/12/2013, 07:11 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis

GARUT, KOMPAS.com — Operasi Zebra Lodaya 2013 di wilayah Garut, Jawa Barat, yang berlangsung dua pekan sejak 28 November 2013 dan berakhir pada Rabu (11/12/2013) menjaring 1.149 pengguna jalan. Dari jumlah tersebut, 84 persen di antaranya adalah pengendara sepeda motor.

"Total kami mengeluarkan surat tilang 1.149 lembar, terdiri dari 963 motor, 132 mobil barang, 42 mobil penumpang, dan 12 bus," kata Kepala Satlantas Polres Garut Ajun Komisaris Bariu Bawana Darnadi, Kamis (12/12/2013). Pelanggaran oleh sepeda motor dan kendaraan roda dua, kata dia, rata-rata karena tak membawa STNK dan SIM.

Pelanggaran lain oleh pengendara sepeda motor adalah tidak mengenakan helm. Untuk pengguna mobil, pelanggaran juga banyak terjadi terkait penggunaan sabuk keselamatan. "Pelanggaran kelengkapan surat-surat untuk sepeda motor mencapai 501 kasus, sementara mobil 70 kasus," ujar Ajun Komisaris Bariu.

Seluruh kasus ini, kata Bariu, sudah dilimpahkan ke pengadilan. Barang bukti yang disertakan adalah SIM dan STNK. "Kami telah melimpahkan berkas tilang sesuai dengan tanggal sidang. Barang bukti adalah 972 lembar STNK dan 112 SIM," urai Ajun Komisaris Bariu.

Hal lain yang memprihatinkan, kata Bariu, mayoritas pelanggar lalu lintas operasi Zebra Lodaya 2013 ini adalah pelajar SMP dan SMA yang belum mengantongi SIM. "Kami membuat edaran ke sekolah, terutama SLTP dan SLTA, mengimbau siswa belum cukup umur untuk tak mengemudikan kendaraan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com