Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RS Surabaya Beri Hadiah kepada 5 Bayi yang Lahir pada "Tanggal Cantik"

Kompas.com - 11/12/2013, 17:57 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Lima bayi dilahirkan di ruang persalinan RSU dr Soetomo Surabaya pada tanggal yang dianggap "cantik" karena angkanya berurutan, yakni 11/12/2013. Dari kelima bayi itu empat di antaranya dilahirkan secara normal dan satu bayi dilahirkan dengan operasi.

Kelima pasien yang melahirkan tersebut adalah Afnes (21), melahirkan bayi perempuan secara normal seberat 3,1 kilogram, dan Suhartatik (26), melahirkan bayi laki-laki seberat 3,2 kilogram. Dua bayi lainnya merupakan kembar yang dilahirkan normal dengan berat 1 kilogram dan 1,4 kilogram. Sementara yang satu lagi dilahirkan melalui operasi caesar karena beratnya di atas rata-rata, yakni 3,5 kilogram.

Menurut Kepala IRD RSU dr Soetomo Surabaya, dr Oerip Moertedjo, kelahiran kelima bayi pada hari ini memang murni atau tidak direncanakan karena sudah memasuki waktu persalinan.

"Semua bayi di sini melahirkan secara alami, dan tidak ada yang direncanakan demi mengejar tanggal cantik," katanya, Rabu (11/12/2013).

Karena melahirkan tepat pada hari istimewa, manajemen RSU dr Soetomo memberikan hadiah berupa perlengkapan bayi kepada para pasien. "Tidak ada maksud apa-apa, hanya sebagai pelengkap kebahagiaan para pasien saja," tambah Oerip.

Angka tanggal yang dianggap bagus, oleh sebagian masyarakat kerap dijadikan momen penting, seperti melangsungkan pernikahan hingga melahirkan bayi. Bahkan untuk kepentingan itu, banyak warga yang merencanakan kehamilan demi mengejar tanggal cantik dengan berbagai alasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com